Pertuni Pasuruan
Foto Laptop layarnya lagi terbuka

6 Jalan Pintas yang Sering Digunakan Tukang Ketik Tunanetra

Foto Laptop layarnya lagi terbuka
gambar laptop

Oleh : Tukang Ketik Pertuni Pasuruan

Ketik-mengetik adalah hal biasa yang dilakukan oleh semua orang. Bahkan, jika orang itu mengalami kebutaan atau yang biasa disebut dengan tunanetra. Apalagi, kalau tunanetra tersebut adalah pengurus organisasi.

Ketika aktif berorganisasi, pasti ada kegiatan-kegiatan yang membutuhkan ketik mengetik. Ambil contoh, surat-menyurat, membuat proposal, atau bagi suatu organisasi yang sudah punya website sendiri, pasti butuh mengetik konten untuk web-nya. Ya, kayak dpc pertuni kabupaten pasuruan ini lah contohnya.

Perlu diketahui, ketika tunanetra mengetik, mereka dibantu oleh sebuah aplikasi pembaca layar. Aplikasi itu merupakan sebuah aplikasi yang mengubah tampilan layar gawai menjadi suara. Maka, tunanetra banyak terbantu oleh aplikasi tersebut.

Kendati begitu, dalam interaksinya dengan aplikasi tersebut, Para tunanetra tidak terlalu memanfaatkan kursor mouse lebih banyak. Mereka lebih mengandalkan sebuah shortcut untuk mengetik dalam microsoft word.

Lalu, apa sajakah shortcut tersebut? Berikut ulasan dari video youtube Blind Aktivasi.

1. Ctrl kurawa

Control (ctrl) + kurung kurawa ([, ]) merupakan shortcut dasar yang harus diketahui dan sering digunakan. Pasalnya, shortcut ini berfungsi untuk mengubah font size atau ukuran huruf.

Ketika awal membuka word, ukuran hurufnya adalah 11. Biasanya, ketika mengetik surat atau apapun itu, ukuran yang di minta adalah 12, dan untuk judul adalah 14.

Jadi, harus dirubah terlebih dahulu sesuai permintaan. Misal, kalau yang akan dikirimi surat atau proposal mintanya ukuran hurufnya adalah 26, tinggal tekan saja tombol ctrl ditambah dengan ]. Namun, jika ingin memperkecil hurufnya tinggal tekan ctrl+[.

Ketika ditekan, pembaca layar akan berbunyi, “11 point font.” Itu kalau menggunakan yang berbahasa inggris. Jika memakai vocalizer damayanti, angka yang terdengar adalah bahasa indonesia.

Letak kedua kurung kurawa itu, berada tepat di sebelah kanan huruf “p.” Atau, biar lebih mudah menelusurinya, rabahlah bagian kanan laptop, kemudian cari tombol backspace. Cari tombol ini, karena biasanya tombol ini punya ukuran yang agak besar. Jadi, kalau pas diraba pasti ketahuan.

Lanjut lagi, setelah ketemu, rabalah satu tombol di bawah tombol backspace itu. Kemudian, arahkan jarimu ke arah jam 9. Tepat, pas di sebelah kiri tombol backslash atau garis miring kebalik itu, tombol kurung tutup kurawanya. Nah, sebelah kirinya lagi pasti kurung buka kurawa.

Itu kalau menggunakan keyboard laptop. Bagaimana kalau menggunakan keyboard PC? Nah, silahkan beli keyboard eksternal laptop, lalu konekan ke PC.

2. Ctrl 5

Fungsi shortcut ini untuk merubah line spacing. Line spacing adalah jarak antar baris. Hal ini biasanya digunakan untuk membantu pembaca.

Dalam hal ini adalah pembaca awas atau orang-orang yang melihat. Soalnya, ketika tidak diberikan jarak, kadang mereka akan pusing melihat teks yang ada di layarnya. Untuk itu, memberikan jarak antar baris itu perlu, agar tulisannya terlihat indah. Walaupun, isi tulisannya tidak.

Untuk mengubah jaraknya, caranya cukup mudah, tekan saja ctrl+5 untuk mengaktifkan jarak sekitar 1,5 spasi. Ketika ditekan, pembaca layar akan berbunyi, “1.5 line spacing.” Nah, kalau menggunakan vokalizer damayanti, maka bunyinya akan seperti ini, “satu titik lima lain spatjing.”

Sebetulnya, mengubah jarak antar baris, tak hanya dengan ctrl+5 saja. Angka “1 dan 2,” itu juga merupakan shortcut untuk mengganti jarak antar baris. Kalau angka “1” untuk memberikan jarak sebesar 1 cm, sedangkan, untuk angka “2” untuk mengubah jarak menjadi 2 cm. Biasanya, 2 spasi digunakan untuk skripsi.

Letak angka-angka itu, ada di baris kedua dari deret paling atas keyboard laptop. Pastinya tak sulit menemukannya. Namun, jika merasa kesulitan. Sekedar saran, kalau kesulitan, mending jangan pakai keyboard PC. Lebih baik, beli keyboard laptop eksternal dan dicolokan ke PC.

3. Alt, P, M

Shortcut ini berfungsi untuk mengatur margin. Gambarannya begini, bayangkan sebuah kertas, lalu kertas tersebut bayangkan ada kertas yang lebih kecil di dalamnya. Nah, itulah yang disebut  margin.

Lanjut, untuk menuju ke window margin, caranya cukup mudah. Tekan alt, lalu, “p,” kemudian, “m.”

Alt, tombol yang biasanya berada dekat tombol spasi atau space, ketika dipejet, kemudian akan mengaktifkan menu ribbon. Menu ini adalah kumpulan menu bar yang berisi perintah ms. Word. Dalam menu bar tersebut, terdapat macam-macam pilihan perintah, seperti home, insert, page layout, dan lain-lain.

Ketika alt telah ditekan, maka berikutnya adalah tombol “p.” Tombol ini mempermudah agar tak perlu menggeser ke kanan dan kiri untuk menuju page layout. Lalu, tekan tombol “m,” untuk menuju margin.

Setelah pembaca layar menyebutkan, “margin.” Tekan enter dan muncul window baru untuk meng-konfigurasi margin.

Dalam video blind aktivasi tersebut, dijelaskan untuk mengaturnya tinggal menekan tab, dan isi dengan angka-angka yang diinginkan.

4. Shift+8

Untuk membuat list atau daftar, caranya cukup mudah. Tinggal ketik saja tanda list yang diinginkan.

Contoh, semisal ingin menambahkannya dengan bullet, cukup dengan shift+8, terus di-spasi. Nantinya, akan muncul tanda bulet-bulet seperti daftar ke bawah, ketika ditekan enter.

Untuk menambhakannya dengan angka, juga tidak kalah gampangnya. Cukup, ketik angkanya, lalu ketik titik, kemudian spasi. Kalau di-enter, maka angka yang berurutan ke bawah akan muncul. Terus jangan lupa, jika sudah ada daftarnya sebelumnya, lalu ingin diberikan daftar angka atau bullet. Taruh saja kursor di huruf yang paling depan.

Kalau masih bingung dengan penjelasan ini. Minta saja seorang kawan untuk mengetikannya saja. Apalagi kalau kawanmu adalah tukang ketik dpc pertuni kab. Pasuruan. Beres sudah.

5. Ctrl enter

Ctrl+enter digunakan untuk menambah sebuah halaman dalam kertas kerja. Contoh, baru mengetik satu kalimat. Tiba-tiba, ada hasrat untuk menambah sebuah halaman. Jadi, halamannya ada 2. Maka, taruh kursor di karakter terakhir, lalu tekan shorcut tersebut. “walah,” satu halaman yang kedua akan muncul.

Namun, ketika ingin menambah halaman, tetapi untuk halaman sebelumnya. Maka yang harus dilakukan, taruh kursor, di karakter paling depan sebuah kalimat. Lalu, tekan shortcut itu. Maka hasilnya, sebuah halaman akan muncul pada halaman seblumnya.

6. Alt, R, W

WSama halnya poin ketiga. Untuk yang ini, lebih baik jangan ditekan berbarengan. Karena, pasti percuma.

Alt, lalu “r,” terus “w,” hanya digunakan untuk menghitung kata yang telah ditulis. Tak hanya kata, ketika tombol ini diaktifkan, yang dibacakan juga oleh pembaca layar, adalah jumlah paragraf, jumlah karakter dan jumlah halaman.

Memang hal itu hanya berfungsi untuk mengetahui jumlah kata. Namun, shortcut ini memiliki kegunaan lainnya, ketika mengetahui jumlah kata tersebut.

Biasanya, kalau mau mengirim artikel ke media online, pasti ada syarat terkait jumlah kata. Semisal, minimal kata harus 500 kata, dan maksimal 1000 kata. Nah, untuk itulah, fungsi itu diciptakan. Jadi, kalau mau mengirim artikel, tapi kok rasanya mager.untuk mengatur jumlah katanya. Silahkan saja kirim ke pertunipasuruan.or.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *