Tentang Pertuni Pasuruan

            Persatuan Tunanetra Indonesia atau disingkat Pertuni merupakan organisasi nirlaba yang terstruktur dari Pusat hingga ke daerah Kabupaten dan Kota. Hingga saat ini Pertuni memiliki Dewan Pengurus Daerah (DPD) di 34 Provinsi di seluruh Indonesia dan tersebar di 221 Dewan Pengurus Cabang (DPC) di Kabupaten / Kota. Termasuk salah satunya berada di wilayah Kabupaten Pasuruan.

            Pertuni Kab. Pasuruan merupakan organisasi struktur tingkat cabang yang dikelola dan dijalankan oleh para tunanetra di Kab. Pasuruan. Musyawarah cabang pertama dilaksanakan pada 12 Februari 2017dan terpilihlah Sugirman sebagai ketua DPC Pertuni Kab. Pasuruan, serta Sri Wahyuni sebagai Ketua Dewan Pengawas Cabang (Dewascab) Pertuni Kab. Pasuruan, yang kemudian, dikukuhkan oleh Ketua DPD Pertuni Jawa Timur. Secara garis besar, tujuan Pertuni Kabupaten Pasuruan sama dengan tujuan Pertuni pusat yakni,

“Mewujudkan keadaan yang kondusif bagi tunanetra untuk menjalankan kehidupannya sebagai individu dan warga negara yang cerdas, mandiri dan produktif tanpa diskriminasi dalam segenap aspek kehidupan dan penghidupan.”